KATEGORI PLO |
PROGRAM LEARNING OUTCOME (CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI) |
SIKAP |
Diambil dari SN-Dikti ditambah Penciri Universitas/Pascasarjana/Prodi |
PLO-1 (S-1) |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika |
PLO-2 (S-2) |
Sebagai Warga Negara bangga dan cinta tanah air dengan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila serta mematuhi hukum, norma, dan etika akademik |
PLO-3 (S-3) |
Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
PLO-4 (S-4) |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang ilmu pendidikan ekonomi dengan menginternalisasi semangat kemandirian dan kejuangan |
KETERAMPILAN UMUM (S3) |
Dikutip dari SN-Dikti |
PLO-5 (KU-1) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan ekonomi secara mandiri, bermutu dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
PLO-6(KU-2) |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja denga n pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam jangka pendek dan jangka panjang |
PLO-7 (KU-3) |
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya |
PENGETAHUAN |
Dari asosiasi Prodi sejenis dan Penciri Prodi |
PLO-8 (P-1) |
Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik dan ilmu ekonomika secara mendalam untuk melakukan perancangan, |
|
pengelolaan dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
PLO-9(P-2) |
Menguasai konsep teoritis perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi. |
PLO-10 (P-3) |
Menguasai konsep teoritis metode penelitian dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat dipergunakan untuk kepentingan pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi |
PLO-11 (P-4) |
Menguasai konsep dan prinsip pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan pembelajaran ekonomi. |
KETERAMPILAN KHUSUS |
Dari asosiasi Prodi sejenis dan Penciri Prodi |
PLO-12 (KK-1) |
Mampu merancang, menerapkan, mengembangkan dan mengevaluasi konsep pembelajaran ekonomi dan prinsip-prinsip dalam bidang ilmu Pendidikan Ekonomi secara efektif, efisien, kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir dan tepat guna. |
PLO-13 (KK-2) |
Mampu mengkaji, menerapkan berbagai model, pendekatan dan metode, serta mengkombinasikan perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi yang sesuai dengan karakter materi ajar dan karakter siswa. |
PLO-14 (KK-3) |
Mampu menganalisis permasalahan dan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan ekonomi berdasarkan hasil analisis informasi dan data, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk publikasi karya tulis ilmiah. |