KATEGORI PLO

PROGRAM LEARNING OUTCOME (CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI)

SIKAP

Diambil dari SN-Dikti ditambah Penciri Universitas/Pascasarjana/Prodi

PLO-1 (S-1)

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

PLO-2 (S-2)

Sebagai Warga Negara bangga dan cinta tanah air dengan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila serta mematuhi hukum, norma, dan etika akademik

PLO-3 (S-3)

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

PLO-4 (S-4)

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang ilmu pendidikan ekonomi dengan menginternalisasi semangat kemandirian dan kejuangan

KETERAMPILAN

UMUM (S3)

Dikutip dari SN-Dikti

PLO-5 (KU-1)

Mampu  menerapkan  pemikiran    logis,  kritis,  sistematis,  dan  inovatif  dalam konteks pengembangan  atau  implementasi  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  yang memperhatikan  dan  menerapkan  nilai  humaniora  yang  sesuai  dengan bidang pendidikan ekonomi secara mandiri, bermutu dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

PLO-6(KU-2) 

Mampu memelihara  dan mengembangkan jaringan kerja denga n pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam jangka pendek dan jangka panjang

PLO-7 (KU-3) 

Mampu  bertanggung  jawab  atas  pencapaian  hasil  kerja  kelompok  dan  melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

PENGETAHUAN

Dari asosiasi Prodi sejenis dan Penciri Prodi

PLO-8 (P-1)

Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik  dan ilmu ekonomika   secara mendalam untuk melakukan perancangan,

 

pengelolaan dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

PLO-9(P-2)

Menguasai konsep teoritis  perencanaan, strategi  dan evaluasi pembelajaran  dalam pembelajaran ekonomi. 

PLO-10 (P-3)

Menguasai konsep  teoritis  metode  penelitian  dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat  dipergunakan untuk  kepentingan pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi 

PLO-11 (P-4)

Menguasai konsep dan prinsip pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan pembelajaran ekonomi.

KETERAMPILAN KHUSUS

Dari asosiasi Prodi sejenis dan Penciri Prodi

PLO-12 (KK-1)

Mampu merancang, menerapkan, mengembangkan dan mengevaluasi konsep pembelajaran ekonomi dan prinsip-prinsip dalam bidang  ilmu Pendidikan Ekonomi secara efektif, efisien, kreatif dan inovatif   dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir dan tepat guna. 

PLO-13 (KK-2) 

Mampu mengkaji, menerapkan berbagai model, pendekatan dan metode, serta mengkombinasikan  perencanaan, strategi  dan evaluasi pembelajaran  dalam pembelajaran ekonomi yang sesuai dengan  karakter materi ajar dan karakter siswa. 

PLO-14 (KK-3) 

Mampu  menganalisis permasalahan dan mengambil  keputusan  secara  tepat  dalam konteks  penyelesaian masalah di bidang pendidikan ekonomi berdasarkan hasil analisis informasi dan data, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk publikasi karya tulis ilmiah.